Home » , , , » Migrasi - Daftar Negara Yang melakukan Migrasi dan Penyebabnya

Migrasi - Daftar Negara Yang melakukan Migrasi dan Penyebabnya

Migrasi adalah perpindahan seseorang ke negara lain. Migrasi dibedakan menjadi tiga yaitu Imigrasi,Emigrasi dan Remigrasi. Bab Migrasi telah diajarkan oleh guru ilmu pengetahuan di sekolah tingkat pertama dulu. Namun sesuai perkembangan teknologi dan situasi suatu negara, penyebab proses migrasi juga mengalami peningkatan.


Berikut ini beberapa alasan seseorang melakukan migrasi :

1. Ilmu pengetahuan / pendidikan 
Pertukaran pelajar merupakan salah satu faktor utama adanya migrasi. Disetiap negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan negara lain, dimungkinkan akan melakukan hal tersebut. Selain untuk menimba ilmu di negeri seberang, para pelajar juga dapat memahami kebudayaan negara tujuan.

2. Ekonomi Finansial 
Ketika kita melihatnya dari sudut pandang ekonomi, - orang berimigrasi untuk mendapatkan 'Stabilitas Finansial dan Prospek Masa Depan' Berikut adalah contoh - jika negara lain menawarkan antisipasi masa depan yang lebih baik, upah yang lebih tinggi dan gaya hidup yang mapan, setiap orang akan berpikir untuk berimigrasi ke negara tersebut.

3. Gaya Hidup 
Sekarang ini beberapa orang memberikan penekanan pada 'standar hidup yang tinggi " Hal ini sering terlihat bahwa orang tua menyekolahkan anak mereka di luar negeri untuk mencapai gaya hidup yang lebih baik. Kesimpulannya adalah mereka mencoba meraih tingkat terbaik untuk menyediakan prospek karir lebih baik dan gaya hidup untuk anak-anaknya yang tidak mungkin diperoleh dalam hidup mereka. Dan 'imigrasi' adalah jawaban sempurna untuk keprihatinan orang tua tersebut.

4. Politik 
Faktor politik dapat diperluas dengan beberapa contoh, yaitu alasan keamanan suatu negara dan sebagai utusan suatu negara / duta besar dengan negara yang memiliki hubungan diplomatik. Alasan keamanan merupakan salah satu contoh nyata yang akhir-akhir ini banyak sekali peristiwa illegal migration, seperti contoh rakyat di negara-negara timur tengah dan Asia selatan [Iraq,Afganisthan, Iran, Pakistan dll ] yang berbondong-bondong mencari suaka politik ke negara lain, seperti Australia, Italia, prancis dan negara eropa lainnya.

5. Bisnis
Bisnis adalah salah satu aktivitas untuk meningkatkan gaya hidup dan ekonomi seseorang. Salah satu contoh negara yang paling banyak melakukan migrasi untuk bebisnis adalah China.

6. Wisata
Mencoba mencari suasana lain pada suatu kebudayaan negara lain, yaitu berwisata. Seseorang akan melakukan migrasi dengan berwisata untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

7. Tenaga kerja 
Ketenagakerjaan merupakan subkategori dari alasan ekonomi [pada nomor 2] yang sangat meiliki andil besar seseorang bermigrasi. Sebagai contoh Indonesia, yang telah mengirimkan warganya untuk sebagai tenaga kerja di luar negeri. Meskipun tidak ada pedoman data yang akurat, prosentase rakyat Indonesia yang melakukan migrasi sekitar 70 % sebagai tenaga kerja, 20 % dalam hal pendidikan dan politik 10 % lainnya.

8. Jodoh
Ini adalah beberapa alasan utama mengapa orang berimigrasi! Jika kamu salah satu dari mereka yang berencana untuk berimigrasi, maka kamu harus menyewa jasa seorang ahli imigrasi profesional dalam hal ini yaitu kawin silang.

Hal tersebut diatas merupakan beberapa faktor yang menyebabkan seseorang untuk melakukan migrasi, kamu dapat menguraikannya lebih luas dari sumber-sumber lain dalam buku maupun di internet.


Berikut adalah daftar negara / kawasan yang warganya paling banyak melakukan  migrasi ke negara lain :

1. China
Dengan menempati urutan pertama dengan jumlah penduduknya di dunia, China juga merupakan negara yang paling banyak mengirimkan warganya ke negara lain. Baik ke Amerika Utara, Latin, Eropa, Asia lainnya bahkan ke pelosok-pelosok Afrika, bangsa china seakan akan sudah membaur dengan bangsa lain. Selain untuk berwisata, sebagai tenaga kerja, tukar pelajar maupun duta besar, alasan yang paling mendasar bangsa china bermigrasi adalah berbisnis / berdagang.

2. Indonesia
Indonesia merupakan salah satu Top Rangking dalam urusan jumlah penduduknya. Sama halnya dengan China, Indonesia juga memiliki andil besar dalam statistik migrasi di dunia. Sebagai tenaga kerja lepas [ TKI ] di negara lain, bangsa Indonesia sudah tersebar di seantero dunia pula.


3. India
Dalam hal ini India seharusnya pada urutan kedua setelah China, namun tidak demikian. Meskipun India memiliki penduduk lebih banyak daripada Indonesia, prosenatse warganya untuk bermigrasi terbilang masih sedikit dibawah Indonesia, meskipun tidak ada data yang akurat dalam hal ini.

4. Amerika Serikat
USA adalah negara adidaya yang juga memiliki penduduk paling banyak di dunia. Namun dalam urusan bermigrasi penduduk Amerika sedikit lebih rendah prosentasenya daripada negara-negara diatas. Alasannya adalah Perekonomian dan gaya hidup di Amerika merupakan standarisasi untuk negara-negara lain. Penduduk amerika bermigrasi dimungkin karena alasan berwisata, bisnis dan berperang / militer.

5. Timur Tengah
Negara negara di Timur tengah saat ini sedang mengalami pergolakan politik menuju negara demokrasi. sebagai contoh adalah Mesir, Libya, Tunisia dan yang paling ramai diperbincangkan saat ini adalah pergolakan rakyat Suriah. selain negara-negara itu, Irak, Iran, Afganistan, Pakistan, Srilanka juga mengalami hal serupa. karena alasan keamanan dan politik, penduduk negara-negara tersebut bermigrasi untuk mencari suaka politik ke negara lain. Salah satu contoh nyata adalah migrasi rakyat timur tengah menuju Australia, meskipun berakhir terdampar di perairan Indonesia untuk mencari suaka politik.

6. Amerika Latin
Berbeda dengara negara-negara sebelumnya, penduduk Amerika latin seperti Brazil, Argentina, Paraguay, Uruguay dan lainnya melakukan migrasi untuk menjadi tenaga kerja. Uniknya profesi yang mereka lakukan sebagian besar sebagai atlet khususnya sepakbola. Bahkan di Indonesiapun, banyak ras amerika latin yang mengadu nasibnya di negeri kita ini, meskipun tingkat perekonomian Indonesia masih terbilang dibawah standar daripada negara-negara maju lainnya seperti di Eropa.




Data-data di atas hanyalah sebagai ilustrasi statistik migrasi di dunia dan tidak ada pedoman data yang akurat. Semua data diatas hanyalah perkiraan dari penulis. Baca juga artikel yang terkait dengan migrasi pada blog lainnya.

Terima kasih

Kategori : , , ,

2 Comment to "Migrasi - Daftar Negara Yang melakukan Migrasi dan Penyebabnya"

Beri Komentar Pada Warta ini

 

Menuju Bawah
Menuju Atas